Sunday, November 11, 2007

KITA BUKANLAH GENERASI MASA DEPAN


Seringkah telinga anda mendengar kata-kata “Kita adalah generasi masa depan Indonesia” sewaktu anda duduk di bangku SD, SMP dan bahkan SMU? Generasi masa depan? Masa depan itu kapan? Kata-kata itulah yang dulunya membuat saya menjadi bertanya-tanya pada diri saya sendiri. Karena tidak mendapat jawaban, membuat saya seperti terombang-ambing di dunia tanpa tujuan yang jelas, begitulah kira-kira hiperbolanya. Tetapi memang benar, kata-kata generasi masa depan tersebut membuat kita menjadi santai dan lambat mengambil keputusan untuk menentukan nasib kita karena dari kata-kata tersebut terbesit makna bahwa kita hanya dapat berperan menetukan nasib diri kta, bangsa dan negara hanya pada waktu kita dewasa di masa depan. Tapi pertanyaannya masa depan itu kapan??

Hal di atas adalah maksud rancu pertama tapi masih adalagi maksud yang menurut saya tidak tepat, yaitu kata ‘kita’. Kata ‘kita’ mengandung makna jamak, yang juga menbuat kita tidak tergerak secara langsung karena dalam fikiran kita ada maksud untuk mengandalkan orang lain untuk berusaha memajukan bangsa Indonesia ini. Menurut saya lebih baik slogannya diganti menjadi “Saya Adalah Generasi Masa Kini”

Ps:

· Journal ini saya tulis diwaktu saya masih sebagai mahasiswa beberapa tahun yang lalu (bahasanya idealis gaya mahasiwa banget).

· Maaf kata2nya agak sedikit formal, karena tulisan ini memang ditujukan untuk publikasi di media formal... :)

1 comment:

Anonymous said...

saya adalah generasi INDONESIA masa kini... :)